Rabu, 09 September 2009

perbedaan CD ROM, CD RW, DVD ROOM, DVD COMBO, DVD RW

PERBEDAAN CD ROM, CD RW, DVD ROOM, DVD COMBO, DVD RW

CD-ROM
- CD ROM adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.
- CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi).
- CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium.
- CD-ROM berwarna perak. Proses pembuatannya adalah dengan cara menaruh selembar lapisan plastik yang telah disinari oleh sinar laser. Sinar laser itu akan membentuk semacam pit (lubang) berukuran mikro, yang sangat kecil sekali.
- CD-ROM adalah drive yang hanya diperuntukkan membaca kepingan cd baik cd-rom, cd-audio,cd mp3, vcd, cd-picture, dsb.baik cd berukuran normal 12cm atau cd mini yang berukuran 8cm.

CD-RW
- CD-RW yang merupakan singkatan dari Compact Disc Rewritable adalah sebuah jenis CD yang dapat kita isi sendiri, kemudian isinya dapat kita hapus jika diinginkan
- CD-RW menggunakan logam perpaduan antara perak, indium, antimon, dan telurrium untuk lapisan perekaman.
- CD-RW disc biasanya diproduksi dalam yang paling umum CD-R disc kapasitas seperti 650 dan 700 MB, sementara yang lebih kecil dan kapasitas yang lebih besar yang langka
- CD-RW recorder biasanya menangani kapasitas yang paling umum yang terbaik. Secara teori CD-RW disc dapat ditulis dan dihapus sekitar 1000 kali.
- CDRW adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan cd dan juga mampu menulis di kepingan cd blank.


DVD ROOM
- Dvd rom adalah drive yang bisa membaca kepingan cd dan juga mampu membaca kepingan dvd baik berupa dvd-rom, dvd movie, dvd audio,dsb. Tapi hanya bisa membaca saja hampir semua jenis cd dan dvd kecuali dvd ram, yang biasanya membutuhkan drive dvd-rw.


DVD COMBO
- DVD-Combo adalah gabungan dari DVD-ROM drive dengan CD-RW drive, dengan kata lain perangkat yang dapat membaca kepingan CD dan DVD, dapat membackup data ke kepingan CD tapi ‘tidak dapat’ membackup data ke kepingan DVD.


DVD RW
- Dvd RW merupakan drive terlengkap yang ada dipasaran sekarang selain mampu membaca semua jenis cd dan dvd dan juga mampu membaca dvd-ram dan juga mampu untuk menulis pada semua jenis kepingan, baik cd kosong, dvd kosong, dan juga dvd ram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar